5 Tugas Kontraktor Bangunan Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

Kontraktor bangunan tentu sangat erat kaitannya dengan proyek pembangunan berbagai macam hal. Baik bangunan untuk rumah, gedung-gedung kantor, rumah sakit, hotel, sekolah dan lain sebagainya. Kontraktor ini mempunyai peranan yang bisa membantu proses pembangunan jadi lebih efisien. Lantas, sebenarnya apa saja tugas kontraktor bangunan tersebut?

1. Membuat Perencanaan dan Perjanjian Proyek

Salah satu tugas penting dari kontraktor bangunan adalah membuat perencanaan dan juga mengadakan perjanjian kerja sama. Dalam pelaksanaannya, kontraktor dan pihak klien bisa saling berunding untuk membahas perihal proyek yang akan dilaksanakan. Dari mulai membuat rancangan proyek, termasuk desain dan anggaran, hingga tanggung jawab serta sanksi.

Hal ini sangat penting untuk memberikan keadilan dan kenyamanan bagi kedua belah pihak; baik pihak kontraktor maupun klien. Pada dasarnya, kontraktor bangunan bertanggung jawab penuh atas perancangan proyek. Maka perjanjian ini pun bisa sekaligus sebagai perlindungan, khususnya bagi klien, alih-alih ketika hasil proyek tidak sesuai kesepakatan.

2. Menyiapkan Segala Bentuk Persiapan Barang dan Tenaga Kerja

Tugas lain yang tidak kalah penting bagi seorang atau tim kontraktor bangunan adalah harus bisa menyediakan segala kebutuhan yang berkaitan dengan pembangunan proyek. Persiapan yang harus disediakan pun sangat lengkap, dari mulai material barang yang diperlukan, hingga tenaga kerja dan profesional di setiap bidangnya.

Berbeda dengan menyewa tukang, yang mana tukang hanya mengeksekusi. Sementara jika kontraktor bangunan harus mengeksekusi sekaligus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan.

3. Menyusun Laporan

Dalam sebuah pembangunan proyek, tentunya tidak akan terlepas dari berbagai macam laporan. Baik laporan pembiayaan dan laporan proses pengerjaan. Dengan begitu, tugas kontraktor bangunan selanjutnya adalah harus menyusun laporan mengenai perkembangan proyek yang dikelola.

Menyusun Laporan

Bentuk laporan pun bisa disesuaikan dengan kesepakatan bersama, baik berupa laporan harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan jika pengerjaan proyek untuk jangka panjang. Dalam laporannya, hal yang penting harus ada adalah perihal tenaga kerja, perkembangan dan kemajuan proyek, hingga kendala-kendala yang menghambat proses pembangunan.

4. Mengerjakan Proyek Tepat Waktu

Tugas ini bisa dibilang sangat penting dan harus diutamakan. Meskipun, segi kesesuaian dan kualitas pun harus berdampingan dengan masalah deadline ini. Bagaimana pun, setelah kontraktor menyepakati kesepakatan bersama klien, termasuk soal tenggat waktu pengerjaan, maka harus dikerjakan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati.

Untuk itu, penting sekali agar kontraktor bangunan dapatĀ  memperkirakan waktu pengerjaan dengan tepat. Sebab, pihak kontraktorlah yang bertanggung jawab dalam pembuatan estimasi waktu pengerjaan dan penyelesaiannya. Jika nantinya tidak sesuai, maka pihak klien berhak untuk komplain dan tidak membayar biaya tambahan.

5. Evaluasi Hasil Proyek

Sebagai kontrakor yang profesional, tentu tugas kontraktor bangunan tidak hanya saat pengerjaan saja. Namun, ketika pengerjaan selesai, harus tetap mengevaluasi dan memperhatikan bagaimana kualitas hasil dari pekerjaannya. Sehingga, kontraktor pun tidak bisa serta merta menyerahkan langsung hasil proyek kepada klien.

Perlu diadakan evaluasi untuk jangka waktu tertentu, jika dirasa pihak klien sudah merasa puas dan hasil pun dirasa optimal, maka bisa selesailah tugas kontraktor. Di samping itu, kontraktor bangunan pun perlu memberikan garansi untuk mempertanggungjawabkan, atau untuk meningkatkan kredibilitas kontraktor itu sendiri.

Pada dasarnya, sebagai kontraktor bangunan tentu berperan utama dari mulai proses perencanaan, pembuatan hingga tahap akhir dan setelah proyek terselesaikan. Tak heran, layanan kontraktor lebih digandrungi masyarakat terlebih untuk menangani proyek besar karena lebih praktis. Nah, itulah beberapa tugas kontraktor bangunan yang perlu diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *