Benda Sederhana Ini Bantu Kamu Dapatkan Hasil Pengecatan Interior Memukau

Dunia saat ini nampaknya sudah penuh dengan kreatifitas, ya? Bisa kita lihat dari aneka posting pada beranda Instagram. Orang – orang kini gemar menunjukan ragam foto selfie yang bisa membuat pupil mata berdenyut kagum.

Sejumlah aspek dalam foto meliputi penampilan si Pemilik Akun sebagai objek utama, objek pendukung, hingga background terlihat sangat memikat. Kamu tentu mau dong menghasilkan foto semacam itu.

Nah agar semuanya jadi lebih mudah bagi kamu, kamu bisa menjadikan interior rumahmu sebagai tempat utama dalam memproduksi foto – foto selfie untuk akun instagrammu.

Bagian tembok bisa jadi backgroundnya. Jadi, karena pastinya ada lebih dari satu permukaan tembok di dalam rumahmu lakukanlah pengecetan yang memberikan tampilan menarik dan berbeda pada setiap permukaan yang ada.

Jangan ragu. Hidupkan kreatifitasmu sendiri. Gerakan instuisi seni kamu, dan anggaplah tembok sebagai kanvas lukis.

Oh iya, untuk membantu kamu di bawah ini ada daftar benda sederhana yang bisa bantu kamu dapatkan hasil pengecetan memukau sebagaimana dikutip dari salah satu situs kontraktor interior Jakarta.

1. Selotip

Pastinya kamu sudah sangat familiar dengan benda yang satu ini. Sering dipakai sebagai perekat bungkusan, ternyata benda ini bisa sangat berguna pada proses pengecatan tembok. Khususnya jika kamu menghendaki tampilan tembok tersebut berpola geometris.

pemanfaatan solasi

Dengan selotip kamu dapat menyusun garis – garis yang membentuk pola tertentu. Jadi selotip itu akan menutupi permukaan tembok dibawahnya sehingga setelah selesai dicat  garis – garis pembentuk pola masih nampak dengan warna dasar tembok.

2. Lembaran Kardus

Kemudian lembaran kardus bekas yang ada disekitar kamu pun bisa kamu manfaatkan dalam pengecatan sehingga kamu pun bisa memperoleh tampilan tembok yang menawan.

Caranya adalah dengan menyiapkan lembaran kardus dengan ukuran sesuai kebutuhan rancangan corak  tembok yang kamu inginkan. Kemudian mulailah menggambar desain tesebut di atas kardus.

Jika sudah maka kamu perlu sebuah cutter untuk memola kardus sesuai gambar desain. Hasilnya kamu akan mendapatkan semacam cetakan.

pemanfaatan kardus

Gunakan cetakan ini untuk mempermudah kamu mengecat tembok sesuai desain unik kamu.

3. Spons Cuci Piring

Berikutnya, kamu bisa mendapatkan hasil pengecatan tembok bercorak abtsrak menggunakan spons cuci piring. Siapa sangka benda sepele ini mampu menjadi sarana kamu menuangkan kreatifitas.

Namun nyatanya struktur spons yang berongga – rongga memang efektif untuk menciptakan corak cat yang tak beraturan dan anti mainstream. Dalam prosesnya kamu akan mencelupkan terlebih dulu satu sisi spons cuci piring ke dalam cairan cat.

Kemudian dengan segera kamu tempel – tempelkan permukaan spons yang mengandung cat tadi pada permukaan tembok. Cobalah berkreasi dengan mengubah – ubah cara kamu memegang spons tersebut.

pemanfaatan spons

 

Bisa dengan menggumpalkannya atau membiarkan semua bagian spons terpampang. Hasil yang akan kamu peroleh dari pemanfaatan spon berupa efek misty atau berkabut.

4. Kertas Karton

Kertas karton memang acap kali dimanfaatkan untuk membuat ragam kerajinan tangan. Nah, pada proses pengecetan pun kamu dapat memanfaatkan bahan ini. Jika kamu punya keterampilan yang memadai kamu bisa menjadikan kertas karton sebagai blok untuk menghasilkan pola.

Teknik kriya yang harus kamu terapkan adalah pembuatan paper art. Itu lho kerajinan dari kertas yang wujudnya berupa cutting gambar. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

kertas untuk cat dinding

Kurang lebih seperti itu ya. Jadi kalau kamu bisa membuatnya, tembok ruangan kamu pasti bisa dipenuhi dengan pattern khas buatan kamu sendiri.

Pengaplikasiannya adalah dengan cara ditempekan pada tembok kemudian oleskan cat diatasnya menggunakan kuas roll. Setelah cukup kering lepaskan paper art tadi dan lanjutkan ke bagian lain.

5. Sedotan

Sedotan itu fungsinya untuk minum. Tunggu! tidak juga. Fungsi sebenarnya adalah untuk mengalirkan zat cair, benar tidak?

Dengan demikian kamu sebenarnya bisa memakai benda ini untuk mewarnai tembok menggunakan bahan cat cair. Nanti motif yang akan kamu dapatkan adalah sebagai berikut.

hasil cat sedotan

Kira – kira coraknya adalah cat mengalir. Mungkin kamu bisa membuat motif ini dengan cara langsung meneteskan cat dari wadah ke permukaan tembok maupun memakai kuas.

Akan tetapi dengan bantuan sedotan kamu bisa mendapatkan efek cat mengalir yang lebih rapi yakni per garis.

Cara mengecat menggunakan sedotan adalah dengan mengambil cairan cat langsung menggunakan sedotan. Jadi celupkan saja. Jika sudah dibenamkan maka tutup lubang sedotan yang ada di luar menggunakan jari (agar udara terkunci dan cat didalamnya tidak keluar lagi).

Pelan – pelan posisikan sedotan berisi cat tersebut di bagian atas tembok. Setelah dirasa pas, buka lubang yang tadi ditutup. Dengan sendirinya cat akan mengalir mengikuti grafitasi lurus ke bawah.

 

Mungkin cukup sekian dulu artikel kali ini. Terima kasih sudah mampir. Nantikan artikel menarik lainnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *