Inilah Cara Mendaftarkan Website Ke Google

Cara Mendaftarkan Website Ke Google

Bagi Anda yang memiliki sebuah website baik pribadi ataupun mengelola milik perusahaan, maka tentu cukup sukar untuk menarik minat visitor agar mau mengunjungi situs yang Anda kembangkan tanpa mengetahui tips dan trik untuk mengembangkan situs website baru. Salah satu trik untuk meningkatkan traffic website yang Anda kelola ini dengan cara mendaftarkan website ke Google Search Console.

Jadi, dengan mendaftarkan website yang Anda kelola ke Google Search Console ini maka situs milik Anda akan terdaftar yang kemudian dapat muncul pada mesin pencarian Google. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui langkah-langkah guna mendaftarkan situs website yang Anda kelola ke Google Search Console

Inilah Cara Mendaftarkan Website Ke Google Search Console

Perlu Anda ketahui bahwa di mesin pencari Google ini terdapat ribuan situs website aktif dan hampir setiap hari selalu diakses oleh banyak visitor sehingga situs website yang belum terdaftar atau belum terverifikasi oleh mesin pencari Google akan sukar untuk berada di jajaran top search Google. Maka dari itu sangat penting untuk Anda sebagai pengelola situs website baik website pribadi atau atas nama perusahaan untuk mendaftarkannya ke Google Search Console.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mendaftarkan website milik Anda ke Google Search Console diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Login Ke Akun Gmail Anda

Cara Mendaftarkan Website Ke Google

Langkah pertama adalah silahkan Anda login ke akun gmail pribadi. Apabila Anda masih belum memiliki alamat gmail maka Anda disarankan untuk mendaftar akun gmail.

  • Masuk Ke Google Search Console

Cara Mendaftarkan Website Ke Google

Langkah kedua adalah masuk ke halaman Google Search Console dengan memasukkan akun gmail milik Anda.

  • Klik Pojok Kanan Atas Dan Tambahkan Properti

Cara Mendaftarkan Website Ke Google

Langkah kedua adalah dengan mengklik tombol pojok kanan atas dan kemudian tambahkan properti. Setelah Anda mengklik maka silahkan Anda masukkan situs website yang akan Anda daftarkan pada kolom awalan URL. Pastikan bahwa URL situs website yang Anda masukkan dalam halaman Google Search Console sesuai dengan URL website yang Anda kelola

  • Lakukan Langkah Verifikasi Situs

Cara Mendaftarkan Website Ke Google

Langkah keempat adalah melakukan langkah verifikasi situs website yang Anda daftarkan pada Google Search Console ini. Dari beberapa metode verifikasi situs website, maka Anda disarankan untuk memilih menggunakan metode HTM verification karena lebih mudah dan tidak ribet. Untuk Anda yang membangun website menggunakan Blogger.com maka Anda hanya perlu menyalin kode unik HTML dari Google Search Console tersebut dan kemudian Anda masuk ke menu dashboard pada akun blogger milik Anda dan kemudian klik template lalu edit HTML.

Simak Juga : Ini Dia Cara Mudah Parse Kode Iklan dan HTML Blogspot

Setelah masuk ke halaman edit HTML maka Anda hanya perlu tempel kode verifikasi HTML yang Anda peroleh di bawah tag <head> </head> dan kemudian klik simpan dan verifikasi.

  • Masukkan Sitemap Website

Cara Mendaftarkan Website Ke Google

Setelah situs website yang Anda kelola berhasil diverifikasi dan terlihat tanda centang hijau maka langkah terakhir pada cara mendaftarkan website ke Google Console Search adalah memasukkan sitemap website Anda. Cara memasukkan sitemap website milik Anda adalah dengan cara kembali ke halaman awal Google Search Console. Lalu klik menu peta situs atau sitemap. Lalu upload sitemap situs website milik Anda dan kemudian klik submit.

Itulah beberapa langkah mudah dalam mendaftarkan situs website milik Anda agar terdaftar pada mesin pencari Google sehingga visitor dapat dengan mudah menemukan situs website yang Anda kelola melalui kata kunci yang dicari serta dengan mendaftarkan website Anda ke Google Search Console ini dapat mengoptimasi SEO dari konten artikel yang ada di dalam website milik Anda.