Ingin Tahu Rahasia Kuatnya Bangunan Beton? Ketahui Berbagai Jenis Bekisting Ini!

Bekisting memang belum banyak diketahui oleh masyarakat umum secara luas. Namun, rupayanya bekisting ini menjadi alat yang wajib dalam proses pembangunan lho! Gunanya untuk menciptakan bangunan yang kuat dan kokoh, pemilihan bekisting harus tepat.

3 Jenis Bekisting yang Banyak Digunakan

Bekisting adalah salah satu alat yang dapat digunakan dalam pembangunan beton. Fungsi dari bekisting sendiri adalah sebagai cetakan beton tersebut. Selain itu fungsi bekisting juga akan memudahkan proses penggunaan vibrator beton agar lebih maksimal. Berikut akan dijelaskan mengenai jenis-jenis bekisting, anatara lain:

1. Bekisting Konvensional

Bekisting Konvensional

Bekisting jenis ini adalah alat yang paling sederhana karena dibuat sendiri menggunakan kayu maupun papan triplek. Penggunaan bekisting ini masih banya digunakan para tukang bangunan untuk membentuk bangunan beton yang sempurna. Untuk membuat bekisting jenis ini pilihlah kayu dengan kualitas yang baik. Carilah kayu yang kuat dan tidak mudah melengkung.

2. Bekisting Knock Down

Bekisting Knock Down

Bekisting jenis ini adalah inovasi dan terobosan baru untuk memudahkan pembuatan beton bangunan. Berbeda dengan bekisting konvensional yang harus dibuat sendiri dengan kayu, bekisting knock down jauh lebih modern dan praktis.Terbuat dari besi dan plat baja akan memudahkan para tukang bangunan dalam proses pemasangan maupun pelepasan bekisting.

Walaupun harganya yang lebih mahal, namun bekisting jenis ini lebih awet karena bisa digunakan berulang kali. Hal ini justru akan menghemat pembiayan pembangunan, jika dibandingkan dengan bekisting konvensional yang hanya sekali pakai.

3. Bekisting Fiberglass

Bekisting Fiberglass

Nah, bekisting jenis ini memang akan lebih modern jika dibandingkan dengan jenis knock down. Terbuat dari fiberglass yang berkualitas membuatnya tahan air. Selain itu bekisting jenis ini juga sangat ramah lingkungan, sehingga akan aman digunakan dalam proses pembangunan. Bekisting jenis ini akan lebih memudahkan dalam proses pemadatan dengan vibrator beton, sehingga kualitas bangunan akan lebih bagus.

Itulah 3 jenis-jenis bekisting yang banyak dipakai pada kegiatan pembangunan untuk menciptakan bangunan sesuai bentuk keinginan kita. Informasi ini penting diketahui, agar anda dapat memilih jenis bekisting terbaik untuk bangunan anda.