Kenali Jenis Waterproofing Coating yang Benar Sesuai Material Konstruksi

Ciptakonstruksi.com – Dalam membangun sebuah konstruksi bangunan perlu dilakukan perhitungan benar agar bangunan dapat berdiri kuat dan kokoh. Salah satu hal penting adalah melakukan waterproofing coating agar bagian-bagian pentingnya terjaga dan kedap air. Prosedur yang dilakukan agar objek dan keseluruhan konstruksi bangunan terjaga ketahanannya. Sebuah bangunan sangat bergantung dengan konstruksi yang kokoh dan tidak mudah rusak karena ada bagian yang basah atau lembab.

Kenali Jenis Waterproofing Coating yang Benar Sesuai Material Konstruksi

Beberapa Jenis Waterproofing Coating Bangunan yang Perlu Diketahui

Lapisan waterproof melindungi dan menjaga ketahanan bangunan yang sebaiknya diserahkan pada jasa waterproofing yang memang ahli dalam bidang tersebut. Mereka memiliki tehnik coating yang handal karena merupakan bidang keahlian yang mereka geluti. Beberapa ruangan gedung yang memerlukan waterproof termasuk basement, atap serta area lainnya yang cenderung dapat menjadi lembab dan merusak konstruksi. Ada dua jenis coating waterproofing yang berdasarkan cara melakukan pelapisannya.

1. Pelapisan Dengan Cat Waterproofing

Pemberian lapisan power guard waterproofing adalah lapisan penutup permukaan beton yang diaplikasikan dengan cara dicat dengan menggunakan kuas dan roller. Pengecatan dengan waterproofingnya dapat dilakukan untuk lapisan lantai, marine coating, Lapisan pelindung yang tahan untuk ruangan dengan temperatur tinggi. Untuk lapisan yang merata dapat digunakan trowel, roskam atau spatula.

2. Waterproofing Coating Membrane Bakar 

Pemberian lapisan waterproofing coating namun melalui metode pembakaran yang dilakukan pada lapisan membran. materiak pelapisnya yang berbentuk bubuk, pasta atau cairan memberikan lapisan yang hanya dapat digunakan pada material beton. Setelah diberi coating dan dicampur dan digunakan pada membran dan dibakar agar lapisan lebih menyatu. Dengan demikian akan didapati lapisan kedap air waterproof, rigid, semi flexible serta flexible.

Pelapisan waterproof coating sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan cat dasar dapat langsung dilapisi pada beton. Kegunaannya adalah menjadi lapisan yang tahan cuaca dan air. Daya rekat baik dan cocok digunakan dengan material beton, dan hanya dapat digunakan untuk benton saja. Penggunaannya sangat diperlukan untuk memberikan lapisan yang tepat agar konstruksi bangunan terpelihara.