Lantai Kayu Yang Cantik Dan Banyak Manfaat

Newsduniyaonline.com – Ada suasana yang berbeda saat kita berada pada sebuah bangunan berlantai kayu. Rasa nyaman serta perasaan hangat merupakan kesan yang tertangkap. Telapak kaki pun rasanya lebih nyaman ketika menapak di atas lantai berbahan kayu. Selain itu, dari segi dekorasi pun lantai kayu memberi karakter tersendiri pada bangunan, dan cukup netral sehingga mudah dipadupadankan dengan berbagai elemen interior.

Lantai Kayu Yang Cantik Dan Banyak Manfaat

Mewah Dan Eksklusif

Lantai berbahan dasar kayu ternyata sudah lama dikenal dan digunakan manusia. Nama parket berasal dari bahasa Perancis, parqueterie yang sudah ada dari tahun 1600. Pada waktu itu, lantai dari kayu masih sangat jarang digunakan, dan oleh karenanya penggunaan lantai kayu masih eksklusif. Karena dahulu merupakan bahan lantai yang mewah, penggunaan lantai dari kayu hanya di tempat-tempat tertentu, seperti di Versailes dan Grand Trianon. Kemajuan teknologi akhirnya membuat jenis lantai ini lebih umum serta terjangkau.

Parket merupakan jenis lantai kayu, yang dibuat dari gabungan banyak kepingan dan potongan kayu. Potongan-potongan kayu tersebut diolah dan dipress sehingga menjadi bentuk lembaran, yang nantinya dipasang di atas permukaan lantai konkrit. Terdapat dua macam lantai kayu yang banyak beredar yaitu yang terbuat dari kayu solid dan yang terbuat dari kayu olahan. Lantai yang terbuat dari kayu solid berasal dari 100% kayu original. Sedangkan lantai dari kayu olahan sering disebut dengan laminate atau engineered wood. Tentu lantai dari kayu solid harganya lebih mahal serta butuh sedikit perhatian ekstra bila dibandingkan parket kayu olahan.

Lantai Kayu

Manfaat Penggunaan Lantai Kayu

1. Secara estetika, kayu akan memberi kesan yang mewah serta elegan.

Mungkin karena pada jaman dahulu lantai jenis ini belum digunakan secara masal, sehingga hanya golongan elite yang menggunakannnya. Akhirnya, hingga kini lantai kayu masih lekat dengan kesan mewah dan mahal, walaupun kini telah ada jenis lantai kayu yang lebih terjangkau. Tampilan kayu juga memberi karakter terhadap penampilan rumah secara keseluruhan. Setiap kayu memiliki karakter yang berbeda, sehingga tak mudah dibuat tiruannya. Dengan demikian selain mewah, ada kesan unik yang dikesankan dari tampilan lantai kayu atau parket ini.

2. Efisien dari segi pengeluaran, karena sifat lantai kayu yang kokoh dan tahan lama.

Lantai bahan kayu termasuk lantai yang bisa bertahan cukup lama, serta tidak mudah rusak. Bila dipergunakan dengan pemakaian yang normal maka tampilan lantai kayu akan tetap cantik tanpa terlihat usang hingga 50 tahun.

3. Praktis karena tak banyak perawatan.

Untuk membersihkan lantai berbahan kayu ini tidak sulit. Terutama lantai parket olahan, karena cukup dibersihkan dengan sapu, kain pel lembab, atau penyedot debu. Untuk lantai kayu yang berasal dari kayu solid membersihkannya juga sama saja. Tambahannya hanya disarankan sesekali mengoles cairan khusus pada lantai, agar lantai kayu terlihat mengilap. Hindari mengepel dengan menggunakan cairan pembersih lantai, sebab pemakaian dalam jangka panjang dikhawatirkan akan merusak kayu.

4. baik untuk kesehatan

  • Non allergen. Tidak seperti karpet yang dapat menimbulkan reaksi alergi, lantai dari kayu berbahan alami yang tidak akan menimbulkan reaksi alergi.
  • Lantai kayu dipercaya menghasilkan ion negative, yang terbukti baik untuk kesehatan tubuh kita. Menurut penelitian, jenis kayu Merbau menghasilkan ion negative, sehingga lantai dari kayu Merbau akan mengalirkan ion negative ke dalam ruangan.
  • Ternyata lantai dari kayu dapat membuat suhu udara lebih stabil. Yaitu memberi kehangatan pada musim dingin, namun juga membawa kesejukan di musim panas. Dengan demikian lantai kayu membantu menjaga kenyamanan serta stabilnya suhu dalam ruangan.
  • Lantai parket konon membawa efek relaks terhadap manusia. Secara psikologis, lantai kayu dipercaya bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga beristirahat dalam kamar yang berlantai kayu terasa lebih maksimal. Selain itu ada kesan hangat dan intim pada lantai kayu yang secara tak langsung berpengaruh terhadap suasana hati kita.
  • Lantai kayu dipercaya bisa mengurangi pengaruh buruk dari senyawa-senyawa yang bisa membahayakan kesehatan kita.

5. Lantai kayu terbuat dari bahan alami, sehingga bisa didaur ulang dan ramah lingkungan. Untuk mendapatkan kayu sebagai bahan dasar lantai, bisa dari hutan yang bersertifikat, sehingga turut menjaga pelestarian hutan.