Masjid Cut Meutia, Mengenang Pahlawan Wanita Asal Tanah Rencong

Masjid Cut Meutia

Cut Meutia merupakan salah satu sosok pahlawan Indonesia. Pahlawan asal Aceh ini berhasil menujukan bahwa wanita tidak hanya bertugas di dapur tetapi juga dapat ikut serta dalam perjuangan melawan kolonialisme. Perjuangan Cut Meutia kemudian diabadikan sebagai nama sebuah jalan dan nama sebuah masjid yang berada di daerah menteng Jakarta. Bangunan ini berada di Jalan Cut Meutia No. 1 Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Pengunjung dapat memanfaatkan berbagai jasa sewa bus pariwisata di Jakarta untuk mengunjungi tempat ini.

Sejarah Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia pada awal pembangunan tidak beroperasi sebagai masjid pada umumnya melainkan sebuah kantor. Mesjid ini memang bangunan kantor yang disulap menjadi tempat ibadah umat islam karena berbagai alasan. Bangunan ini awalnya merupakan sebuah kantor NV De Bouwploeg yang digunakan sebagai tempat berkumpul para arsitek Belanda. Kantor ini digunakan untuk mengawasi serta melakukan pembangunan kawasan Nieuw Gondangdia.

Masalah keuangan yang menimpa kantor ini membuat penggunaannya diberhentikan dan ditinggalkan. Kantor beralih fungsi menjadi Kantor Pos, Kantor Kereta Api, Kantor Angkatan Laut Jepang, Kantor MPRS dan KUA pada masa awal kemerdekaan. Perubahan terus terjadi sampai akhirnya bangunan ini digunakan sebagai tempat ibadah umat islam sekitar tahun 1987 dengan nama Al-Jihad.

Perubahan nama masjid Al-Jihad menjadi Cut Meutia didasarkan pada posisi masjid yang berada di jalan Cut Meutia. Hal inilah yang mendasari perubahan nama masjid tersebut. Masjid inipun masih beroperasi hingga sekarang dan menjadi salah satu tujuan wisata religi karena kaya akan sejarah.

Masyarakat dari Jakarta maupun luar Jakarta dapat mengunjungi tempat ini. Karena masjid merupakan pusat pendidikan islam seperti yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Pengunjung dapat memanfaatkan jasa sewa bus pariwisata sebagai alternatif transportasi sembari berkeliling ke seluruh kota. Sewa bus akan membuat perjalanan semakin menarik karena dapat dilakukan bersama-sama. selain itu, bus juga akan mengurangi kepadatan dan kemajetan dijalanan Jakarta yang terkenal sangat padat dan macet.