Mudah! Cara Membersihkan RAM Di Laptop 10

Membersihkan RAM Laptop / PC – Bagi pengguna Komputer atau Laptop OS Windows dengan spesifikasi rendah, menjaga RAM tetap lega memang wajib dilakukan. Alasannya satu.. Supaya saat dipakai, sistem nggak mengalami yang namanya Hang atau Crash.

Sayangnya, nggak semua orang tahu bagaimana cara membersihkan ram laptop windows 10. Alhasil malah jadi masalah yang berkepanjangan.

Mudah! Cara Membersihkan RAM Di Laptop 10

Nah, lalu gimana sih caranya? Yuk kita bahas disini..

1. Lakukan Scanning Virus
Apa hubungannya virus sama RAM? Well ini sangat berhubungan. Jadi gini, Virus itu adalah sebuah Program yang berjalan tanpa kita ketahui. Dan ini tentu saja akan memakan Resource RAM.

Untuk jumlah memori yang digunakannya sendiri memang relatif kecil. Namun, kalau Virusnya ada dalam jumlah banyak, otomatis RAM juga akan jadi penuh, bahkan dalam beberapa situasi bisa mencapai 90%.
Terus gimana cara mengatasinya?
Gampang saja. Coba gunakan Antivirus dengan Update versi terbaru. Lakukan scanning secara menyeluruh, terutama pada sistem.
Kalau sudah Restart Laptopnya, dijamin efektif!

2. Lakukan Install Ulang
Menginstall ulang Windows, sangat saya rekomendasikan kalau Laptop Anda sudah cukup lama dipakai.

Tujuannya apa sih? Singkatnya, lewat install ulang ini Laptop akan dioptimalisasi kembali (Sistemnya) secara menyeluruh. Alhasil penggunaan RAM juga akan jauh lebih berkurang.Untuk caranya, mungkin sebagian besar dari Anda sudah tahu. Tapi kalau belum, silakan cari tutorialnya di Google atau di Youtube.

Oh ya, OSnya sesuaikan juga dengan spesifikasi Laptop ya. Kalau RAMnya relatif kecil, saya sarankan pakai Windows 7 saja.

3. Disable Aplikasi Startup Dan Service Windows
Untuk beberapa jenis Aplikasi terinstall, ada yang langsung aktif saat Laptop dinyalakan, kemudian berjalan meskipun kita tidak membukanya (Biasanya disebut Aplikasi Startup).

Hal yang sama juga terdapat pada Service (Program sistem) di Windows, yang selalu aktif meskipun tidak terlihat.
Nah, baik Aplikasi atau Service ini saya sarankan untuk dioptimalisasi. Karena kadang lumayan efektif.. Ya.. RAM bisa sampai 36% lebih lega.
Caranya klik tombol Windows + R > Ketik MSCONFIG > Klik OK > Buka Tab Startup > Disable Aplikasi yang tidak perlu (Kalau di Windows 10 cek di Task Manager).

Masih di MSCONFIG > Pergi ke Tab Startup > Centang ‘Hide All Microsoft Services’ > Kemudian centang Service yang nggak perlu.
Kalau sudah Restart Laptop > Dan rasakan perbedaannya.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan
Melegakan RAM Laptop
Masih sehubungan sih dengan yang sebelumnya. Namun aplikasi disini lebih ke umum. Misalnya Game, Browser, dan lain-lain.

Kenapa harus dihapus?
Alasannya karena beberapa Program ada yang cukup menghabiskan RAM waktu dibuka. Untuk penggunaan normal sih mungkin nggak masalah, tapi kalau mau dioptimalkan ya lebih baik dihapus.
Caranya hapusnya bisa lewat Control Panel > Uninstall Program > Lalu cari Aplikasi yang diinginkan disana.
Well, tentu saja Anda masih bisa menginstallnya kembali lain kali kalau sedang butuh.

5. Mengurangi Visual Effect Pada Windows
Mengatur Visual Effect Windows
Untuk Windows versi Vista keatas, terdapat fitur yang bernama Visual Effect. Fungsinya untuk mempercantik tampilan Windows.

Walau bagus dalam segi tampilan, tapi sebanding juga dengan resource RAM yang dikeluarkan. Nggak heran, kalau ini bisa bikin RAM penuh, terutama jika diaktifkan pada Laptop dengan ukuran RAM yang kecil.
Nah, Anda bisa mematikan fitur ini. Atau seenggaknya dioptimalisasi mana yang kira-kira harus dinonaktifkan, mana yang nggak.

Caranya klik kanan pada This PC / Computer > Klik Advanced System Settings (Menu bagian kiri) > Klik Settings (Pada kolom Performance).
Kemudian atur dengan cara menghilangkan centang pada Visual Effect yang tidak dibutuhkan.